Kamis, 11 Juni 2009

MENGHILANGKAN STRES


kita perlu relek sejenak dengan cerita-cerita konyol dan lucu untuk menghilangkan stres :

1. Jalan-jalan di tepi pantai menuju perkampungan nelayan ditanyakanlah kepada nelayan mengapa dia bisa mendapatkan ikan yang banyak jawab nelayan kalau saya mendapat ikan itu saya lihat cara tidur istri saya untuk melempar jala atau jaring kalau saya lihat istri saya tidur miring ke kanan maka saya lempar jaring ke kanan, kalau istri saya tidur ke kiri maka saya lempar jaring jala ke kiri, dan kalau istri saya tidur terlentang maka saya tidak kelut karena pasti tidak ada ikan jadi saya tidak kelaut karena bertanda laut tidak baik tapi bertanda istri saya yang pingin punya anak jadi saya di rumah saja kelonan sama istri untuk mendapatkan anak. Kalau istri tidur tenkurap berarti saya harus menyelam ke dalam laut untuk mendapat ikan, itulah rahasia saya mendapatkan ikan banyak.

2. Aku ke doctor sepicialis anak dan kandungan ku kasih tau anak saya 3 mau 4 bahwa anak saya yang pertama itu laki-laki anak kedua saya laki-laki anak ketiga saya perempuan aku dan istriku konsul untuk USG mengetahui jenis kelamin yang ke 4 dalam kandungan ternyata hasilnya laki-laki kemudian doctor itu berkata laki-laki dan perempuan itu sama saja tapi aku pingin anak perempuan yang ke 4 ini jadi bisa genap laki-laki 2 perempuan 2 akhirnya laki-laki 3 perempuan 1 ya saya terima saja jawab ku dengan doktor tersebut dan aku tanyakan kembali kepada doctor tersebut tau engga beda bayi perempuan dan bayi laki-laki sambil ku terangkan bedanya ialah kalu bayi perempuan nenen atau nyusu kurang lebih 3 bln sampai kurang lebih3 tahun tetapi bayi laki-laki sampai kakek-kakek masih diberi air susu ibu (ASI)..

3. Kontes pemilihan Ratu sejagat kelas Asia maka dikirmkan lah tiap-tiap wanita tecantik untuk mewakili Negaranya setelah giliran maju dipanggilah ratu dari Negara jepang tampilah mess Jepang sambil memperlihatkan kelebihan tubuhnya katanya inilah gunung pujiama sambil melihatkan susunya, kemudian giliran mess Pilipina katanya inilah rumput manila dilihatkanyalah bulu keteknya, kemudian mess Cina sambil berkata inilah naga barongsai sambil menguling-gulingkan badannya dilanati dan begoyang lenggok kaya orang birahi, selanjutnya giliran mess Indonesia katanya inilah lubang buaya dilihatkanyalah kemaluanya maka sebaga juwara pemilihan ratu sejagat kelas asia Negara Indonesai sebagai pemenangnya.

4. Saya ditanya teman saya mengapa Negara Indonesia itu kaya sumber daya alamnya tetapi rakyatnya miskin dan aku jawab memang betul Indonesia kaya kemudian aku terangkan kalau kita tanam berbagai tumbuhan pasti tumbuh misalnya tanam lombok tumbuh lombok tanam jagung tumbuh jagung tanam semangka tumbuh semangka tanam padi tumbuh padi yang sangat menarik yaitu tanam anunya bapak kita tumbuh bayi anakdikandungan ibu kita sangking suburnya Indonesia.

5. wong deso masuk kota dia merasa terheran-heran, dia lihat TV maka di belinya lah TV di bawanya ke desa untuk nonton ternyata TV nya tidak berfungsi seperti dikota kembalilah wong deso ke toko TV sambil marah-marah TV mu itu dijual rusakya katanya maka jawab penjual TV sambil berkata disana itu ada listriknya dan parabolanya, jawab wong deso apa itu listrik dan parabola, untuk cari cenel ini loh parabola untuk listriknya pakai mesin lampu oh begitu.

6. wong deso kemudian kembali lagi pegi ke kota untuk beli HP karena sok pintar setelah HP di beli langsung dibawa pulang untuk digunakan hubungan dengan teman dan kerabanya tapi dia tidak tau menggunakanya karena tidak meminta kejelasan dengan penjual HP sehingga di utak atiknya semakin tidak tau kembalilah dia ke toko Konter HP di jelaskanlah dengan penjual HP di sana ada pemancar atau satelit apa itu pemancar setelit jawabnya, dijelaskan lagi kalau HP itu ada Card atau kartu nomor HP nya dan pulsa maka bisa berfungsi, kalau gitu aku beli kartu nomornya sekalian pulsanya kemudian pulanglah dia tenyata sesampi di desa dia tidak bisa menghubungi siapa-siapa kemudian kembali lagi ke toko itu lalu dengan marahnya dia berkata kamu jual HP rusak ya sambil nunjuk-nunjuk ngatain yang bukan-bukan maki-maki sumpah-sumpahin segala kemudian pejual toko HP tersebut berkata di sana berarti tidak ada jaringan atau satelit, dengan marahnya kembali wong deso berkata apa itu jaringan atau setelit kalau gitu aku beli jaringan atau satelit, jawab penjual dengan hati sabar berkata hebat.

7. Dua orang anak Laki-laki orang kaya raya ditinggal meninggal dunia orang tuanya dan menuliskan surat wasiat kepada keudua orng anaknya tersebut bunyinya sebagai berikut :

a. Kubagi jadi dua bagian sama rata harta ku kepada masing-masing anak ku.

b. Berkeja keraslah lah tampa pantang menyerah untuk menujukan kekayaan mu bahwa kalian adalah orang kaya bukan orang miskin.

c. Carilah pasangah hidupmu sesuai dengan pilihan hatimu dan derajat mu.

d. Untuk menujukan kalian berhasil dalam hidup ini, makanlah ikan dengan seribu mata ikan sebagai laukmu hingga kalian tidak kelaparan dan berbagi sesama orang sekitar mu maka kalian masih tergolong orang mampu.

Dengan surat wasiat tersebut maka anak pertama mengartikannya :

  1. Untuk harta sudah diterimanya sama rata.
  2. Bekeja keras dan tamapa pantang menyerah meneruskan modal orang tuanya.
  3. Mendapatkan pasangan hidupnya sesuai bunyi surat wasiat tapai dia selalu ganti-ganti pasangan karena merasa tidak sesuai pilihan hatinya selalu belum menemukan karena selalu membedakan derajat orang disekitanya.
  4. Dengan bunyi wasiat tersebut anak pertama selalu berpoya-poya tidak menghiraukan akan uang yang dimilikinya akhirnya dia bangkrut karena makan ikan yang mahal besar-besar ikut juga dengan perintah wasiat seribu mata ikan kahirnya melarat. Dan sengsara hidupnya.

Dengan surat wasiat tersebut maka anak kedua mengartikannya :

a. Untuk harta sudah diterimanya sama rata.

b. Bekeja keras dan tamapa pantang menyerah meneruskan modal orang tuanya.

c. Mendapatkan pasangan hidupnya sesuai bunyi surat wasiat sesuai pilihan hatinya dan derajatnya.

d. Dengan bunyi wasiat tersebut anak keuda selalu memikirkan uang yang dimilikinya akhirnya dia semakin kaya karena makan ikan yang murah kecil-kecil seperti ikan teri dan undang ebi atau papai untuk menuruti perintah wasiat seribu mata ikan ahirnya dia bisa bertahan jadi sangat kaya sekali kemudian selalu dia makan bersama bawahannya dan persuruhnya dan juga tidak merasa membedakan setiap orang sama derajatnya dengannya.

8. Jamuan makan untuk para undangan kerajaan dalam sebuah pesta istana diundang lah para raja-raja tetangga sahabat sambil makan para raja tersebut saling meyombongkan diri bahwa kerajaannya lah yang paling hebat dan kaya, kata raja berunai piring kami semua tebuat dari emas dan bermatakan berliyan kursi meja dan perabot untuk jamuan makan ini semua dari emas, maka raja-raja yang ada di Kalimantan saling berkata tidak mau di remehkan raja malaysia juga berkata begitu, raja kutai juga begitu, raja berau juga begitu, raja banjar juga begitu giliran raja dayak yang berkata di kerajaan kami setelah makan kami langsung buang semua perabotannya, sehingga raja-raja tersebut memerintahkan dengan sombongnya untuk membuang semua perabotan setelah makan, akhirnya rakyatnya membuang perabotan makan, dengan demikian rakyat dayak dapat menerima kekayaan yang melimpah ruah dari kesombongan raja-raja tersebut, sebenarnya rakyat dayak itu makan menggunakan perabot makan dari daun dan kayu. Sehingga dengan di temukannya emas yang dibuang oleh rakyat masing-masing kerajaan rakyat dayak kini menjadi kaya raya.

Tip untuk menghilangkan Stres :

Seandainya kita stres di ketahui apa penyebabnya untuk terapi tipnya minum air tawar sedang baru kita menenangkan diri dengan mengatur nafas dengan hitungan 1 tarik 2 tahan 3 hembuskan berlahan kemudian berpikirlah positif buang pikiran negative dengan menutup mata selanjutnya sugestikan diri kita untuk melepas rantai yang membelenggu dengan berkata bebas selesai habis terkikis semua bebas lenyap pasti deh pres dan segar lagi. Mulailah menyelesaikan masalah untuk segera menyelesaikannya kalau tidak diselesaikan masalah lain pasti datang terus, step by step dikerjakan sesuai kebutuhan jangan dipikirkan borongan akan menambah beban lebih baik berdoa untuk diberikan kemudahan.

CARA MENGHILANKAN STRES

Apabila ada oaring lain selalu memaksakan kehendaknya pada anda dan membemani anda dengan kesulitannya, belajarlah mengatakan tidak ( Karena ini lebih baik dari pada anda menderita dalam hati.

* Jangan selalu tergantung pada orang lain. Berusahalah sendiri.

* Jangan berburuk sangka bahwa orang lain akan menghina atau membicarakan anda.

* Jangan selalu mengingat kesalahan di masa lalu. Perasaan bersalah penyesalan yang dalam dapat mempersulit, karena menguras segenap pikiran dan tenaga anda.

* Janganlah menyimpan kemarahan dan frustasi. Utarakan dan bicarakan dengan orang yang bertanggung jawab atas terjadi hal tersebut.

* Luangkan waktu setiap hari, mulailah kegiatan baru.

* Janganlah menjadi pengendara yang agresif. Mengalahlah pada “setan jalannan” jalankan kendaraan dengan sikap mengalah.

* Janganlah menyimpan rasa dengki dan cemburu. Rasa dengki memakan energi.

* Jangan membiasakan sikap terburu-buru. Tindakan terburu-buru akam menjurus pada kesalahan, peyesalan dan stress.

* Usahakan bersikap sabar dalam artian mundur selangkah maju sepuluh langkah untuk meraih sokses.

* Berpikirlah sejenak sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan. Bila bicara sesuai dengan pikiran anda dan ajaklah pemberi soal ke jawaban yang anda bisa dan mengerti jangan terpancing soal jawaban yang membuat anda tidak bisa menjawabnya, Anggaplah orang lain sebagai pendengar ingin tau dan angap saja memberi soal tersebut belum tau walau pun sebenarnya dia tau jawabannya dengan keterangan yang lebih jelas karena anda dinilai memahami soal bila dalam presntasi.

* Lebih baik berpikir sepuluh kali dari pada berpikir satu kali. Belajar sesuai dengan keperluan dan sesuai yang dibutuhkan saja agar tidak kalut dan semeraut.

* keberhasilan terletak pada diri anda sendiri dan sokses.

PSKOLOGI

KENALILAH TEMPERAMEN ANDA

HIPOCRATES (460 – 370 SM) Sering disebut sebagai Bapak dari ilmu pengobatan. Perhatian Hipocrates terhadap ciri-ciri temperamen menarik perhatian sebab problema penting ini agak diabaikan dalam dunia pskologi masa kini. Hipocorates membedakan adanya emapat temperamen. Si Sanguin, si Melankolik, si Kolerik dan si Flagmatik.

ORANG SANGUIN

Selalu periang dan penuh pengharapan, mengangap segala sesuatu yang dihadapi sebagai amat penting, tapi segera dapat melupakannya sama sekali sesaat kemudian. ia ingain menepati janji-janjinya tetapi gagal melaksanakan keinginannya itu sebab ia tidak cukup berminat untuk menolong orang lain. Ia adalah seorang penghutang yang jelek yang terus meneus minta waktu untuk membayar. Ia amat luwes, pandai bergaul,riang.

KEKUATANNYA :

- Banyak bicara

- Ramah tamah

- Bersemangat

- Suka bergaul

- Berbalas kasihan

- Riang

KELEMAHANNYA :

- Lemah kemauan

- Tidak tenang

- Gelisah

- Tidak dapat diandalkan

- Egosentris

- Bising

- Berlebih-lebihan.

BAKATNYA :

- Aktor

- Pedagang

- Pembicara.

ORANG MELANKOLIK

Mengangap segala sesuatu amat penting. Di segala tempat mereka menemukan alasan untuk merasa khawatir dan yang pertama-tama mereka perhatikan kesulitan-kesulitannya. Ini dilakukannya tidak atas dasar pertimbangan ke akhlakkan melainkan karena pergaulan dengan orang lain membuat ia khawatir, berprasangka, dan sibuk berpikir. Justru karena sebab inilah maka rasa bahagia menjauhinya.

KEKUATANNYA :

- Berbakat

- Cermat

- Peka

- Perfeksionis

- Suka keindahan

- Idealistis

- Setia

KELEMAHANNYA :

- Egosentris

- Pemurung

- Bersifat negatif

- Teoritis

- Tidak perktis

- Tidak ramah

- Pendedam

BAKATNYA :

- Seniman

- Musikus

- Pencipta

- Ahli filsafat

- Maha guru

ORANG KOLERIK

Berkepala panas, mudah sekali dibangkitkan gairahnya, tapi mudah pula jadi tenang jika lawan yang dihadapinya mengaku kalah. Ia orang yang sibuk tapi tidak menyukai berada tempat ditengah-tangah kesibukan usaha sebab ia tidak tabah. Ia memilih untuk memberikan perintah-perintah tapi tidak mau diganggu dengan pelaksanaan dari perintah-perintah yang diberikannya itu. Ia meyukai jika dipuji di depan umum, Ia meyukai penampilan, kemegahan dan formalitas, Ia penuh dengan kebanggaan dan cinta diri sendiri. Ia kikir, sopan tetapi dengan upacara. Ia sakit hati luar biasa jika orang lain menolak untuk ikut dalam kepura-puraannya.

KEKUATANNYA :

- Berkemauan keras

- Tekun

- Berjiwa bebas

- Optimistis

- Peraktis

- Peroduktif

- Tegas

- Berbakat pemimpin

KELEMAHANNYA :

- Peramah lalim

- Sarkastes

- Menguasai

- Tidak acuh

- Bangga

- Puas diri

- Tidak berperasaan

- Licik

BAKATNYA :

- Pemborong

- Produser

- Pemimpin.

ORANG FLAGMATIK

Tidak adanya gairah, bukan kelemahan, mengatakan secara tidak langsung kecondongan untuk tidak mudah dan tidak cepat kena pengaruh. Orang seperti ini lambat jadi hangat tapi jika sudah hangat dapat bertahan hingga lebih lama. Ia bertindak atas dasar keyakinan bukan atas dorongan naluri. Temperamennya yang cerah dapat menggantikan ketidak-hadiran kecerdikan dan kebikakan di dalam dirinya. Ia bertindak layak dalam bergaul dengan orang lain dan biasanya dapat maju karena kegigihannya dalam mencapai sasaran-sasaran yang dikehendakinya sementara ia bergaya seakan-akan memberi jalan pada orang lain.

KEKUATANNYA :

- Tenang

- Lembut hati

- Dapat diandalkan

- Efesien

- Konservatif

- Praktis

- Berbakat pemimpin.

KELEMAHANNYA :

- Kikir

- Penakut

- Tidak tegasku

- Penonton

- Suka melindungi diri sendiri

- Mementingkan diri.

BAKATNYA :

- Deplomat

- Akuntan

- Guru

- Ahli teknik

RESEP AWET MUDA

C Hadapi segala masalah dengan santai dan tenang tanpa melupakan masalah itu sendiri.

C Bersedih hati jangan lalu berkepanjangan. Carilah bahan pelipur dengan menyibukan diri.

C Jauahkan amarah karena kemarahan memakan energi yang berpengaruh buruk terhadap Fisik anda.

C Bila sesuatu dapat diselesaikan dengan ketenagan, mengapa harus dibarengi dengan ketegangan.

C Kedangkalan dan iri hati berpengaruh buruk terhadap peredaran darah dan jantung anda.

C Hadapi orang marah dengan tenang dan jangan masukan ke dalam hari anda.

C Jangan memperdulikan hal-hal yang dilakukan orang lain apalagi memvonisnya.

C Dunia ini berputar. Bila anda sedang berada dibawah jangan putus asa. Ada saatnya pasti akan tiba anda naik ke atas. Tetapi bila anda sudah diatas, ingat bahwa anda dapat jatuh ke bawah.

C Terimalah penderitaan dengan pasrah dan takwa kepada Tuhan karena penderitaan selalu membawa hikmah suatu kebahagiaan.

C Fisik anda harus anda jaga dengan olahraga dan senam.

C Jangan lekas merasa tua karena dibanding dengan esok anda masih mudah sekarang.

BATU PERMATA DAN KHASIATNYA

AKIK (Agate)

- Warna : Aneka Warna.

- Asal : Negeri Arab, Indonesia dan lain-lain.

- Khasiat : Ketenagan, kesabaran dan kegembiraan

ALEXANDRITE

- Warna : Hijau, kuning, coklat-kemerahan.

- Asal : Rusia, China, Asia lainnya.

- Khasiat : Ketentaraman dan kesetabilan rumah tangga.

BATU DARAH (Bloo Drtone)

- Warna : Hitam.

- Asal : Eropa, Rusia, Berazil dan lain-lain.

- Khasiat : Awet muda, panjang umur dan mengobati penyakit tertentu.

CHRYSOPRASE

- Warna : Hijau keemasan.

- Asal : Erapa.

- Khasiat : Menenangkan pikiran, menjaga kesehatan.

GARNET

- Warna : Merah tua, hijau, kuning, hitam dan lain-lain.

- Asal : China, Arab, Australia, Afrika dan lain-lain.

- Khasiat : Ketenangan dan membesarkan hati.

GIOK (Jade)

- Warna : Hijau, putih, kuning, merah dan lain-lain.

- Asal : China, Birma, Tibet.

- Khasiat : Keberanian, kesopanan, keijakan dan lain-lain.

KALIMAYA (Opal)

- Warna : Kabur.

- Asal : India, Australia, Mesir, Indonesia dan lain-lain.

- Khasiat : Penawar kesuahaan, kekuatan.

KECUBUNG (Amethyet)

- Warna : Ungu.

- Asal : Kalimantan, Ceylon, Birma dan Berazilia.

- Khasiat : Memberi kebijakan, kasih sayang, semangat dan lain-lain.

LAPIS LAZULI

- Warna : Biru tua, Bintik-bintik keemasan.

- Asal : China, Tibet, Turki, Afganistan.

- Khasiat : Mendatangkan keberuntungan dan meyembuhkan sakit kulit.

MIRAH (Ruby)

- Warna : Merah tua.

- Asal : Birma, Caylon, Thailan, dan Asia lainnya.

- Khasiat : Mengelorakan cinta, mempertebal persahabatan.

MUTIARA

- Warna : Putih, Hitam.

- Asal : Hampir seluruh muka bumi.

- Khasiat : Hiasan untuk menyatakan kesucian atau kesedihan.

PIRUS (Turquoise)

- Warna : Biru ke hijau-hijauan.

- Asal : Persia, Rusaia dan Negara-negara Arab.

- Khasiat : Penagkal bahaya, pembawa kedamaian.

RATNA CEMPAKA (Topaz)

- Warna : Biru, Putih, Hijau, Kuning keemasan.

- Asal : Berazil, Jerman, Rusia, Caylon dan India.

- Khasiat : Penangkal penyakit, sumber kelembutan.

SAFIR (Sapphire)

- Warna : Biru, Kuning, Violet, Hijau.

- Asal : Birma, Thailand, Kasmir, Pakistan dan lain-lain.

- Khasiat : Keberuntungan, memberi kesentosaan.

TOURMALINE

- Warna : Biru, Merah, Kehijauan.

- Asal : Caylon, Birma, Siam, India.

- Khasiat : Mempererat persahabatan, menarik perhatian.

ZAMRUD (Emeraid)

- Warna : Hijau.

- Asal : Colombia, Venezuela dan Mesir.

- Khasiat : Membawa keberuntungan, merangsang percintaan.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya